Universitas Islam Bandung Repository

Pengaruh Diferensiasi Produk Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah Pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Dago

Show simple item record

dc.contributor.author Fatoni, Ahmad Mundzir
dc.date.accessioned 2016-04-21T08:05:26Z
dc.date.available 2016-04-21T08:05:26Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri
dc.description.abstract Diferensiasi Produk merupakan salah satu metode atau cara mensiasati keunggulan bersaing yang dimiliki perusahaan untuk memenangkan pasar dengan memberikan banyak alternatif pilihan, baik dari segi teknologi maupun kualitas kepada nasabah atau produk yang dibutuhkan. Diferensiasi produk pada dasarnya memberikan perubahan terhadap produk yang ada saat ini, disesuaikan dengan selera pasar. Apabila perubahan akan selera pasar dapat dipenuhi oleh perusahaan, maka akan berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah. Berdasarkan latar belakang masalah, maka disimpulkan rumusan masalah yang Pertama, Bagaimana pelaksanaan strategi diferensiasi produk? Kedua, Bagaimana kepuasan nasabah pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Dago ? dan Ketiga, Bagaimana pengaruh atas diferensiasi produk terhadap kepuasan nasabah pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Dago ? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan verifikatif, yaitu penelitian suatu metode dalam meneliti status kelompok manusia, suatu objek, suatu set kondisi, suatu sistem pemikiran ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang. Sedangkan metode verifikatif bertujuan untukmenguji kebenaran suatu hipotesis atau fenomena yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data dilapangan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan tehnik probability sampling dalam penentuan sampel untuk kuesioner pada nasabah Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Dago. Metode analisis statistik yang digunakan dengan deskriptif analisis dan regresi linier sederhana. Diferensiasi produk telah dilakukan dengan baik di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Dago sehingga muncul beberapa produk yang menjadi ciri khas dari bank tersebut, contoh dari hasil penerapan diferensiasi produk adalah tabungan investa cendekia. Kepuasan nasabah di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Dago pada tahun 2010-2014 mengalami fluktuatif. Berdasarkan hasil penelitian diferensiasi produk berpengaruh secara signifikan karena nilai thitung lebih besar ttabel (2,314>1,290) terhadap kepuasan nasabah dengan koefisien regresi sebesar 0,532 dengan besarnya koefisien determinasi sebesar 5,24%. en_US
dc.description.sponsorship H. Asep Ramdan Hidayat, Drs., M.Si. en_US
dc.publisher Fakultas Syari'ah Universitas Islam Bandung (UNISBA) en_US
dc.subject Diferensiasi Produk, Kepuasan Nasabah, Tabungan Investa Cendekia en_US
dc.title Pengaruh Diferensiasi Produk Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah Pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Dago en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account