Abstract:
Salah satu kewajiban Negara adalah melindungi setiap warga negaranya
baik secara fisik, mental, sosial, dan ekonomi. Penanganan tenaga kerja harus
dilakukan dengan serius dan menyeluruh maka jaminan kesejahteraan terhadap
karyawan dan buruh adalah merupakan kewajiban yang harus disesuaikan dengan
kebutuhan. PT Jamsostek (persero) yang ditunjuk sebagai satu-satunya badan
penyelenggara sesuai dengan peraturan dan kewajiban pemerintah. Promosi
merupakan proses mengkomunikasikan variabel bauran pemasaran (marketing
mix) yang sangat penting untuk dilaksanakan oleh perusahaan dalam memasarkan
produk. Jamsostek memberi kepastian jaminan dan perlindungan terhadap resiko
sosial-ekonomi, yang ditimbulkan keccelakaan kerja, cacat, sakit, hari tua dan
meninggal dunia. Kantor wilayah I Bandung melakukan strategi pemasaran yang
berorientasi pada publisitas, advertising dan public relations.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran
PT. Jamsostek dalam memperkenalkan usaha, dilihat dari segi publisitas,
advertising, dan public relations.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian deskriptif.
Penelitian deskriptif ini bertujuan menggambarkan tentang karakteristik (ciri-ciri)
individu, situasi, kelompok tertentu. Data penelitian ini didapatkan melalui
wawancara dan observasi. Adapun hasil penelitian ini pada umumnya narasumber
menuturkan bahwa marketing mix yang dilakukan PT. Jamsostek sudah berjalan
baik dan dilakukan secara berkala.