Abstract:
Tingkat laba yang diperoleh perusahaan dipengaruhi oleh faktor-faktor yang
mendukungnya, diantaranya pengeluaran biaya promosi dan gaji karyawan. Secara
teori seharusnya biaya promosi berpengaruh positif terhadap tingkat penjualan yang
dapat meningkatkan laba perusahaan. Namun di BRI Syariah biaya promosi pada
tahun 2010 ada dalam kondisi tinggi sebesar Rp. 30.972.000.000, namun pada
labanya menunjukkan penurunan sebesar Rp. 10.954.000.000. Demikian halnya
dengan perusahaan-perusahaan go public diawal tahun 2015, terjadi hasil dan target
laba terpenuhi tetapi tidak berbanding lurus dengan kesejahteraan karyawan karena
gaji tidak meningkat.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan biaya
promosi dan gaji karyawan pada Bank Umum Syariah di Indonesia periode 2010-
2014, perkembangan saldo laba (rugi) akhir periode pada Bank Umum Syariah di
Indonesia periode 2010-2014, dan pengaruh biaya promosi dan gaji karyawan
terhadap saldo laba (rugi) akhir periode pada Bank Umum Syariah di Indonesia
periode 2010-2014.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
deskriptif verifikatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi.
Analisis data yang dilakukan adalah dengan metode kuntitatif dengan melakukan
analisis data melalui pengukuran variabel angka dan melakukan analisis data dengan
asumsi klasik, analisa regresi berganda, dan pengujian hipotesis.
Hasil penelitian menujukkan bahwa tingkat perkembangan rata-rata biaya
promosi pada Bank Syariah meningkat dari tahun 2010 sampai dengan 2013,
sedangkan pada tahun 2014 terjadi penurunan. Adapun tingkat perkembangan ratarata
gaji karyawan pada Bank Syariah mengalami peningkatan yang signifikan dari
tahun 2010 sampai dengan 2014. Serta tingkat perkembangan rata-rata saldo laba
(rugi) akhir periode pada Bank Syariah meningkat pada tahun 2010 sampai dengan
2012, sedangkan pada tahun 2013 sampai 2014 penurunan. Secara parsial terdapat
pengaruh yang signifikan antara variabel biaya promosi terhadap saldo laba (rugi)
akhir periode. Sedangkan antara variabel gaji karyawan terhadap saldo laba (rugi)
akhir periode tidak terdapat pengaruh yang signifikan. Secara simultan terdapat
pengaruh yang signifikan antara Biaya Promosi dan Gaji Karyawan terhadap Saldo
Laba (Rugi) Akhir Periode