Universitas Islam Bandung Repository

Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Hotel Berbasis Syari’ah (Studi Kasus Di Darul Jannah Hotel Syari’ah)

Show simple item record

dc.contributor.author Yanuar, Moch Taufikl
dc.date.accessioned 2016-05-26T02:59:18Z
dc.date.available 2016-05-26T02:59:18Z
dc.date.issued 2015
dc.identifier.uri
dc.description.abstract Hotel Darul Jannah sebagai salah satu hotel berbasis syariah yang ada di kota Bandung, mencoba untuk bersaing dalam dunia perhotelan yang di Bandung sudah sangat menjamur karena pariwisata di kota Bandung sendiri tengah menjadi salah satu tujuan para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Dalam menjalankan bisnisnya, pihak hotel Darul Jannah harus berusaha untuk mengetahui apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan konsumen, termasuk memahami perilaku konsumen dan hal-hal yang dapat memberikan kepuasan kepada konsumen dengan memegang teguh prinsip syariah di dalamnya. Menyadari hal tersebut, tampak betapa pentingnya usaha terhadap penanaman dan juga pemahaman hotel berkonsep syariah, karena akan mempengaruhi kepuasan konsumen terhadap hotel berkonsep syariah. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pelayanan dalam Islam, (2) pelayanan (FO, House Keeping,Room Service,F&B Service) di Darul Jannah Hotel Syariah, (3) analisis kepuasan konsumen terhadap pelayanan di Daarul Jannah Hotel Syariah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian deskriptif analitis, yaitu: suatu metode dalam meneliti status kelompok manusia, suatu objek, suatu set kondisi, suatu kelas peristiwa pada masa sekarang. Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa metode analisis merupakan metode yang bertujuan menggambarkan secara sistemis dan faktual tentang faktafakta serta hubungan variabel yang diselidiki dengan cara mengumpulkan data, mengolah, menganalisis dan menginterpretasi data dalam pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) pelayanan didalam konsep Islam yaitu, memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen dengan professional dan sebaik – baiknya , (2) pelayanan ( fo, housekeeping, room service, f&b service), (3) Y = 0,497 X1 + 0,150 X2 + 0,322 X3 + 0,298 X4, dari persamaan regresi tersebut dapat diketahui bahwa koefisien dari persamaan regresi adalah positif. Maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut, Hasil analisis diperoleh bahwa pelayanan dalam Islam di Daarul Jannah Hotel Syariah sudah berjalan dengan cukup baik, dengan demikian konsep pelayanan yang Islam ajarkan adalah memberikan pelayanan dan kontribusi yang maksimal untuk memenuhi kepuasan konsumen, sehingga tidak ada rasa kecewa dan tidak ada pihak yang merasa dirugikan en_US
dc.publisher Fakultas Syariah Universitas Islam Bandung (UNISBA) en_US
dc.subject Kepuasan Konsumen, Hotel Berbasis Syariah en_US
dc.title Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Hotel Berbasis Syari’ah (Studi Kasus Di Darul Jannah Hotel Syari’ah) en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account