Abstract:
Strategi komunikasi pada hakikatnya adalah perencanaan (Planning) dan
management (managemen) untuk mencapai suatu tujuan sedangkan public
relations adalah suatu usaha yang direncanakan secara terus menerus dengan
sengaja guna membangun dan mempertahankan pengertian timbal balik antara
organisasi masyarakat. Penelitian ini dibuat untuk mengetahui bagaimana strategi
public relations Telkom University dalam membangun citra menjadi perguruan
tinggi berkelas international pada tahun 2018 . Oleh sebab itu, peneliti ingin
mengetahui bagaimana strategi public relations ini diterapkan dalam rangka
membangun citra,
Teori yang digunakan oleh peneliti adalah teori citra frank jefkins yang
mengemukakan tentang citra yang terdiri dari : The mirror image (cerminan citra)
yaitu bagaimana dugaan (citra) manajemen terhadap public eksternal dalam
melihat perusahaanya. The Current image yaitu citra yang terdapat pada public
eksternal, .The wish image yaitu manajemen menginginkan pencapaian prestasi
tertentu. The multiple image yaitu sejumlah individu, kantor cabang atau
perwakilan perusahaan lainya dalam membentuk citra tertentu yang belum tentu
sesuai dengan keseragaman citra seluruh organisasi dan perusahaan
Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi
kasus. Peneliti mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis secara sistematis
mengenai strategi public relations Telkom university yang difokuskan dalam
membangun citra yang akan dicapai pada tahun 2018 yaitu menjadi perguruan
tinggi yang bertaraf international. Untuk objke penelitian yang diteliti adalah
kepala bagian public relations, kepala bagin IO ( International Officer) dan media
eksternal, Teknik pengumpulan data yang dilakukan melakukan wawancara secara
mendalam ( in depth interview) serta menggunakan studi kepustakaan dan
dokumentasi.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, peneliti memperoleh hasil bahwa
dalam kerjasama international yang dilakuakan PR,IO ( international office) dan
melakukan tugas masing masing dan terfokus, seperti PR yang focus pada media
dan IO focus pada kerjasama dengan peguruan tinggi di luar negeri, sedangkan
dalam pembelajaran jarak jauh bersifat international, Telkom University mulai
menggunakan system ICT dan diaplikasikan kepada program I-Gracias yang
diperuntukan untuk mahasiswa. Selain itu hambatan dan dukungan yang dihadapi
oleh Telkom University dalam membangun citra adalah masih ada ego yang tinggi
antara 4 institusi yang telah tergabung menjadi Telkom university, untuk
dukungan yang didapat adalah Telkom Unversity melalui mahassiwa sudah
banyak mendapat prestasi tingkat nasional dan international sehingga citra
Telkom University dipandang baik di mata masyarakat