Universitas Islam Bandung Repository

Strategi Public Relations Telkom University Dalam Membangun Citra

Show simple item record

dc.contributor.author Muhardiawan, Hasan
dc.date.accessioned 2016-06-18T08:43:22Z
dc.date.available 2016-06-18T08:43:22Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/4790
dc.description.abstract Strategi komunikasi pada hakikatnya adalah perencanaan (Planning) dan management (managemen) untuk mencapai suatu tujuan sedangkan public relations adalah suatu usaha yang direncanakan secara terus menerus dengan sengaja guna membangun dan mempertahankan pengertian timbal balik antara organisasi masyarakat. Penelitian ini dibuat untuk mengetahui bagaimana strategi public relations Telkom University dalam membangun citra menjadi perguruan tinggi berkelas international pada tahun 2018 . Oleh sebab itu, peneliti ingin mengetahui bagaimana strategi public relations ini diterapkan dalam rangka membangun citra, Teori yang digunakan oleh peneliti adalah teori citra frank jefkins yang mengemukakan tentang citra yang terdiri dari : The mirror image (cerminan citra) yaitu bagaimana dugaan (citra) manajemen terhadap public eksternal dalam melihat perusahaanya. The Current image yaitu citra yang terdapat pada public eksternal, .The wish image yaitu manajemen menginginkan pencapaian prestasi tertentu. The multiple image yaitu sejumlah individu, kantor cabang atau perwakilan perusahaan lainya dalam membentuk citra tertentu yang belum tentu sesuai dengan keseragaman citra seluruh organisasi dan perusahaan Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Peneliti mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis secara sistematis mengenai strategi public relations Telkom university yang difokuskan dalam membangun citra yang akan dicapai pada tahun 2018 yaitu menjadi perguruan tinggi yang bertaraf international. Untuk objke penelitian yang diteliti adalah kepala bagian public relations, kepala bagin IO ( International Officer) dan media eksternal, Teknik pengumpulan data yang dilakukan melakukan wawancara secara mendalam ( in depth interview) serta menggunakan studi kepustakaan dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, peneliti memperoleh hasil bahwa dalam kerjasama international yang dilakuakan PR,IO ( international office) dan melakukan tugas masing masing dan terfokus, seperti PR yang focus pada media dan IO focus pada kerjasama dengan peguruan tinggi di luar negeri, sedangkan dalam pembelajaran jarak jauh bersifat international, Telkom University mulai menggunakan system ICT dan diaplikasikan kepada program I-Gracias yang diperuntukan untuk mahasiswa. Selain itu hambatan dan dukungan yang dihadapi oleh Telkom University dalam membangun citra adalah masih ada ego yang tinggi antara 4 institusi yang telah tergabung menjadi Telkom university, untuk dukungan yang didapat adalah Telkom Unversity melalui mahassiwa sudah banyak mendapat prestasi tingkat nasional dan international sehingga citra Telkom University dipandang baik di mata masyarakat en_US
dc.description.sponsorship Dr. Nurrahmawati, Dra., M.Si. en_US
dc.publisher Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung (UNISBA) en_US
dc.subject Strategi komunikasi, public relations, strategi public relations, metode penelitian kualitatif, Studi kasus en_US
dc.title Strategi Public Relations Telkom University Dalam Membangun Citra en_US
dc.title.alternative Studi Kasus Strategi Public Relations dalam membangun citra Telkom University menuju “ A World Class University” en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account