Abstract:
Muay Thai merupakan olah raga yang berasal dari negara Thailand. Olah
raga ini mulai berkembang di Indonesia, khususnya di kota Bandung pada tahun
2009. Sabai Muay Thai merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang
olah raga Muay Thai yang terletak di kota Bandung, Jalan Gatot Subroto No. 27
Bandung. Belakangan ini olah raga Muay Thai di kota Bandung mulai banyak
digemari oleh semua lapisan masyarakat.
Penulis melakukan penelitian mengenai bagaimana promosi yang
dilakukan Sabai Muay Thai. Dengan memperhatikan tiga aspek dari Hurriyati
yakni, Informing, Persuading, dan Reminding. Tujuan penelitian ini yakni;
pertama, untuk mengetahui promosi yang dilakukan oleh Sabai Muay Thai dalam
aspek Informing. Kedua, untuk mengetahui promosi yang dilakukan oleh Sabai
Muay Thai dalam aspek Persuading. Dan ketiga, untuk mengetahui promosi yang
dilakukan oleh Sabai Muay Thai dalam aspek Reminding. Penulis menggunakan
metode deskriptif yang melukiskan dan menjabarkan suatu keadaan atau
fenomena yang terjadi. Dengan teknik pengumpulan data yaitu angket sebagai alat
pengumpulan data yang pokok, observasi dan kepustakaan.
Dari hasil penelitian yang dilakukan, maka peneliti menarik kesimpulan
bahwa; pertama, promosi yang dilakukan Sabai Muay Thai melalui aspek
Informing, twitter Sabai Muay Thai memberikan infomasi baru mengenai produkproduk
yang ada di Sabai, twitter Sabai Muay Thai menyampaikan promo-promo
yang ada di dalam Sabai, twitter Sabai Muay Thai menyampaikan informasi
mengenai jasa-jasa yang disediakan oleh Sabai, dan twitter Sabai Muay Thai
melakukan counter attack berupa pembelaan dan penjelasan ketika ada masalah
yang berkaitan dengan Sabai. Kedua; promosi yang dilakukan Sabai Muay Thai
melalui aspek Persuading, twitter Sabai Muay Thai yang menganggap bahwa
twitter Sabai Muay Thai dapat mengarahkan followers untuk memilih produk
yang ditawarkan oleh Sabai, twitter Sabai Muay Thai dapat merubah persepsi
positif (kualitas barang) pelanggan terhadap produk dari Sabai dan twitter Sabai
Muay Thai dapat mendorong dan membujuk followers untuk menjadi konsumen
atau pelanggan dari Sabai. Ketiga; promosi yang dilakukan Sabai Muay Thai
melalui aspek Reminding, twitter Sabai Muay Thai menganggap bahwa twitter
Sabai dapat mengingatkan followers Sabai akan pentingnya olah raga untuk
menjaga kesehatan, twitter Sabai membuat followers menyadari mengenai
pentingnya olah raga Muay Thai dan ini merpakan lifestyle dalam dunia olah raga
dan twitter Sabai akan membuat para calon pelanggannya mengingat Sabai Muay
Thai walaupun tidak ada iklan.