Universitas Islam Bandung Repository

Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pembiayaan Haji Dan Umrah Melalui Sistem Marketing (MLM) Pada Pt. Mitra Permata Mandiri Cabang Bandung

Show simple item record

dc.contributor.author Safitri, Sri Dewi Ayu
dc.date.accessioned 2016-10-11T02:13:54Z
dc.date.available 2016-10-11T02:13:54Z
dc.date.issued 2015
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/5142
dc.description.abstract Sistem pembiayaan haji dan umrah di PT. MPM Bandung terdapat persamaan dalam sistem marketing pada bisnis MLM, maka tentunya akan menjadi problem dalam pendapatan biaya untuk keberangkatan haji, karena kedudukan MLM itu sendiri masih diperselisihkan kedudukan hukumnya. Apa lagi haji haruslah ditempuh dengan dana yang halal, tidak boleh pada dana yang samar-samar (syubhat) apa lagi yang haram, karena bila dana yang didapatkan dari perkara yang tidak baik maka tentunya akan berpengaruh pada kemabruran haji itu sendiri. Dalam penelitian ini, penulis merumuskan permasalahan yang hendak diteliti, yaitu: Bagaimana sistem MLM pembiayaan haji dan umrah di PT. MPM Bandung, bagaimana hukum Islam mengenai sistem MLM pada pembiayaan haji dan umrah serta bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap pembiayaan haji dan umrah melalui sistem Marketing (MLM) di PT.MPM Bandung. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui lebih mendalam sistem MLM pembiayaan haji dan umrah di PT. MPM Bandung, untuk mengetahui hukum Islam mengenai sistem MLM pada pembiayaan haji dan umrah serta untuk mengetahui tinjauan hukum Islam terhadap pembiayaan haji dan umrah melalui sistem marketing (MLM) di PT. MPM Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, yaitu dengan menggunakan analisis data kualitatif dengan menggunakan pendekatan metode deskriptif analitis untuk pemecahan masalah yang dihubungkan dengan apa yang ada pada konsep pembiayaan haji dan umrah dalam Islam dengan sitem marketing MLM pada PT. MPM cabang Bandung. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah studi kepustakaan dan penelititian lapangan dengan cara observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Sistem MLM PT.MPM Bandung berorientasi pada pengembangan dan penambahan member (up-line-down-line) yang memasarkan paket pelayanan haji/umrah dengan metode (PLB-S) dengan pola kemitraan. Dalam Islam, MLM merupakan Kegiatan samsarah dalam bentuk distributor, agen, member atau mitra niaga termasuk dalam akad ijarah yang memanfaatkan jasa orang lain dengan imbalan, insentif atau bonus (ujrah). Sistem MLM PT. MPM Bandung terdapat beberapa hal yang kurang sesuai dengan nilainilai hukum Islam yaitu masih adanya eksploitasi obsesi dalam pencapaian target perekrutan, terjadinya dua akad percampuran yakni mudharabah dan syirkah yang tergolong ba’i bis-Syarthi, dan praktek penjualannya masih di kategorikan sebagai jual beli baiul ghurur. en_US
dc.publisher Fakultas Syariah Universitas islam Bandung (UNISBA) en_US
dc.subject konsep hukum islam pembiayaan haji & umrah dan sistem MLM di PT.Mitra Permata Mandiri cabang Bandung. en_US
dc.title Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pembiayaan Haji Dan Umrah Melalui Sistem Marketing (MLM) Pada Pt. Mitra Permata Mandiri Cabang Bandung en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account