Abstract:
Manajemen investasi Gerai Dinar Cabang Kota Bandung, meluncurkan
program komunikasi pemasaran untuk meningkatkan jumlah investor pada produk
investasi Dinar Dirham. Dengan begitu, Gerai Dinar harus mengetahui bagaimana
karakteristik/perilaku investor yang dalam melakukan investasi biasanya
disebabkan karena adanya ketertarikan akan keuntungan yang didapat. Kebutuhan
dan keinginan tersebut juga berasal dari berbagai pengaruh lingkungan (keluarga,
masyarakat, sekolah). Memang dalam berinvestasi secara individual, seseorang
sedikit dipengaruhi oleh orang dalam keputusannya. Tetapi ini tidak berarti bahwa
orang lain tidak berperan dalam proses berinvestasi, faktor dalam diri seseorang
juga mempunyai pengaruh besar. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka
rumusan masalah disusun ke dalam bentuk pertanyaan sebagai berikut :
Bagaimana mekanisme investasi Dinar Driham pada manajemen investasi Gerai
Dinar Bandung ? Bagaimana pelaksanaan komunikasi pada produk Investasi
Dinar Dirham di Gerai Dinar Cabang Kota Bandung? Dan bagaimana pengaruh
kegiatan Komunikasi Pemasaran investasi Dinar Driham pada manajemen
investasi Gerai Dinar Bandung terhadap minat konsumen dalam melakukan
investasi Dinar Dirham ?
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitis,
teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah penelitian lapangan dan studi
kepustakaan, penelitian lapangan dengan cara wawancara dan dokumenter.
Dalam hal ini penulis melakukan penelitian mengenai pelaksanaan komunikasi
pemasaran dalam meningkatkan jumlah investor pada produk investasi Dinar
Dirham di Gerai Dinar Cabang Kota Bandung.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah pelaksanaan Komunikasi Pemasaran
Syariah pada Investasi Dinar Dirham di Gerai Dinar Kota Bandung menggunakan
instrumen-instrumen promosi komunikasi pemasaran syariah yang dapat
dilakukan relatif tanpa mengeluarkan banyak biaya. Mekanisme komunikasi
pemasaran pada produk Investasi Dinar Dirham di Gerai Dinar Kota Bandung
adalah program member-get-member, dimana peserta program mengajak orang
lain menjadi investor Gerai Dinar. Peserta program (pemberi referensi)
mendapatkan insentif uang berdasarkan volume dana dari investor yang
tereferensi. Kegiatan komunikasi pemasaran yang dilakukan manajemen Gerai
Dinar juga merupakan upaya pemasaran berbasis word to mouth.