Abstract:
Iklan merupakan salah satu senjata ampuh para pengusaha untuk bisa survive
dalam dunia bisnisnya beberapa iklan juga mencoba mengangkat nilai-nilai atau
makna melalui unsur-unsur tanda, teks, gambar, simbol ataupun yang lainnya
yang terkandung di dalamnya. Inisiatif untuk menjaga warisan leluhur bangsa
Indonesia bisa muncul dari pengiklan. Penelitian ini berjudul “Re-interpretasi
Budaya pada Iklan Intel Visibly Smart”. Tujuan penelitian ini adalah untuk
menginterpretasikan makna tanda yang ditampilkan pada iklan Intel Visibly Smart
berdasarkan representament, object, interpretant, untuk mengetahui fungsi
Praktik Public Relations digunakan dalam iklan Intel Visibly Smart versi Jogja
Hiphop Foundation. Dengan pendekatan Semiotika Charles Sanders Pierce
dengan menggunakan model triadic, yaitu representament, object, dan
interpretant. Hasil penelitian ini yaitu iklan ini menceritakan penggabungan dua
budaya antara musik hiphop dengan musik Jawa. Sehingga citra yang ingin
diangkat adalah perusahaan multinasional seperti intel ingin mengangat budaya
Indonesia, khususnya budaya Jawa.