Abstract:
Anak jalanan yang bersekolah adalah anak–anak yang mengalami ketidak
beruntungan untuk kondisi keluarga, tidak banyak waktu yang bisa
dihabiskan untuk tinggal bersama keluarga sekedar mengungkapkan dan
mengekspresikan cerita apa saja kepada keluarga dan tidak memiliki
fasilitas yang cukup bahkan untuk kebutuhannya sendiri (dalam Suhartini,
2009). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskriptifkan domain-domain
mengenai Children well-being pada anak jalanan yang bersekolah usia 12
tahun di Rumah Perlindungan Anak (RPA) Yayasan Bahtera Bandung.
Yayasan Bahtera merupakan lembaga swadaya masyarakat yang programprogrannya
lebih mengkhususkan pada pemberdayaan masyarakat
terutama anak-anak di kota Bandung. Children’s Well-being, bagaimana
anak menilai mengenai hidupnya secara subyektif baik secara umum
maupun pada aspek spesifik yang terdiri dari 8 domain dari UNICEF.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi
Deskriptif dengan subjek terdiri dari 20 responden anak jalanan yang
bersekolah usia 12 tahun. Pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan Kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini adalah
kuesioner yang disusun oleh tim peneliti ISCSI dan UNICEF. Kuesioner
yang berisi item-item berupa pernyataan mengenai 8 domain life
satiscaftion. Pengolahan data mencari persantase. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa domain yang dominan pada anak jalanan yang
bersekolah yaitu pada domain personal satisfaction, school dan health
satisfaction. Sedangkan domain yang tidak dominan yaitu pada domain
satisfaction with material things.