Universitas Islam Bandung Repository

Hubungan Antara Hardiness Dan Coping Strategy Pada Guru Sekolah Inklusi Di SDN Putraco Indah Bandung

Show simple item record

dc.contributor.author Ainan, Puji Lana
dc.date.accessioned 2016-12-06T04:09:42Z
dc.date.available 2016-12-06T04:09:42Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/5639
dc.description.abstract SDN Putraco Indah Bandung merupakan sekolah inklusi yang memiliki jumlah siswa ABK yang lebih banyak dari jumlah siswa normalnya. Hal ini tidak didukung pula dengan tenaga pengajar seperti helper atau guru pendamping. Di sekolah tersebut terdapat 11 guru dengan latar belakang pendidikan yang sebagian besar bukan dari pendidikan luar biasa. Dalam satu kelas guru harus menangani seluruh siswa ABK dengan siswa normal. Kondisi-kondisi tersebut menyebabkan para guru merasa frustasi hingga menimbulkan stres. Para guru dituntut untuk mengatasi kondisi yang membuat stres pada saat di sekolah. Upaya yang dilakukan para guru tersebut merupakan coping strategy. Untuk melakukan coping strategy dipengaruhi beberapa faktor salah satunya karakteristik kepribadian yaitu hardiness. Hardiness akan mempengaruhi upaya para guru dalam mengatasi dan menyesuaikan diri dengan keadaan yang membebabninya. Tujuan dari penelitian ini untuk mendapatkan hubungan antara hardiness dengan coping strategy. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Skala hardiness dari Suzanne (Kobasa) Ouellete (1984) dan Ways Of Coping The Revised Version dari Lazarus & Folkman (1984).Metode yang digunakan adalah korelasi dengan subjek penelitian 11 guru di SDN Putraco Indah. Hasil pengolahan data menunjukan bahwa ada korelasi yang signifikan antara hardiness dengan coping strategy (x2hitung = 17,750 dan C = 0,637). Dari 11 guru, 7 guru memiliki hardiness yang tinggi yang terdiri dari 6 guru menggunakan problem focused coping dan 1 guru menggunakan emotion focused coping positif. Sedangkan, 4 guru yang memiliki hardiness rendah yang menggunakan problem focused coping terdiri dari 1 guru. en_US
dc.publisher Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung (UNISBA) en_US
dc.subject Sekolah inklusi, Hardiness, Coping strategy en_US
dc.title Hubungan Antara Hardiness Dan Coping Strategy Pada Guru Sekolah Inklusi Di SDN Putraco Indah Bandung en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account