Description:
Pentingnya komunikasi di dalam perusahaan tentunya tidak terlepas dari peran seorang Public Relations (PR) atau humas yang sangat aktif dalam menciptakan hubungan baik dengan berbagai pihak, baik itu publik internal maupun publik eksternal, guna keberlangsungan perusahaan itu sendiri. PR juga harus memiliki hubungan yang baik dengan komunitas yang ada di sekitar perusahaan serta bertanggung jawab terhadap pembangunan masyarakat yang berada di sekitar perusahaan, melalui komunikasi timbal balik di antara kedua belah pihak yang saling menguntungkan, guna tercapainya tujuan bersama. Penelitian ini membahas Strategi Handling Complaint PT Bukit Asam (Persero)Tbk. dalam Proses Open Recruitment. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menetapkan tujuan dan sasaran pada handling complaint, formulasi aksi pada handling complaint. serta komunikasi yang efektif pada handling complaint. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Karena metode studi kasus yang sesuai dalam membahas penelitian ini lebih jauh.Dengan metode pengumpulan data yaitu wawancara dan observasi langsung kelapangan serta dokumentasi yang ada guna mengungkap secara detail penelitian mengenai Strategi Handling Complaint yang dilakukan perusahaan dalam menangani masyarakat yang melakukan pendemoan kepada perusahaan. Dari hasil penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dalam menetapkan tujuan dan sasaran handling complaint, formulasi aksi dan komunikasi efektif dalam menetapkan strategi handling complaint diharapkan menjadi masukan bagi humas PT Bukit Asam (Persero) Tbk serta lembaga-lembaga lainnya untuk menyelesaikan permasalah yang serupa, terlebih lagi dalam meningkatkan hubungan yang baik dengan masyarakat di sekitar perusahaan guna mempertahankan citra serta kepercayaan masyarakat kepada perusahaan, sehingga kejadian tersebut tidak akan terulang lagi pada saat open recruitment selanjutnya.