Abstract:
Loyalitas konsumen merupakan manifestasi dan kelanjutan dari kepuasan
konsumen dalam menggunakan fasilitas maupun jasa pelayanan yang diberikan
oleh pihak perusahaan, serta untuk tetap menjadi konsumen dari perusahaan
tersebut. Salah satu faktor yang menyebabkan konsumen menjadi loyal adalah
kepuasan pelanggan. Menurunnya jumlah nasabah yang bertransaksi dapat dilihat
dari nasabah yang hanya sekedar membuka rekening tanpa melakukan transaksi
secara rutin atau berulang-ulang. Kondisi tersebut menunjukkan kurangnya
loyalitas nasabah terhadap Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Subang.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kepuasan nasabah produk
tabungan BSM dengan akad mudharabah mutlaqah di BSM cabang Subang,
loyalitas produk tabungan BSM dengan akad mudharabah mutlaqah di BSM
cabang Subang, dan pengaruh kepuasan nasabah terhadap loyalitas produk
tabungan BSM dengan akad mudharabah mutlaqah di BSM cabang Subang.
Metode penelitian yang digunakan adalah verifikatif analisis. Teknik
pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan
metode kuantitatif dan untuk mencari pengaruh variabel independen dan dependen
menggunakan metode analisis koefisien korelasi, koefisien determinasi dan
hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan nasabah atas produk
tabungan BSM dengan akad mudharabah Mutlaqah di BSM cabang Subang
termasuk dalam kategori puas dan loyalitas nasabahnya termasuk kategori tinggi.
Berdasarkan hasil penelitian di atas terdapat pengaruh positif yang signifikan
antara kepuasan nasabah dengan loyalitas nasabah sebesar 38,8%. Artinya,
kepuasan nasabah atas produk tabungan BSM dengan akad mudharabah
Mutlaqah di Bank Syariah Mandiri Cabang Subang berpengaruh secara signifikan
terhadap loyalitas nasabah sebesar 38,8%. Pengujian hipotesis dilakukan dengan
uji-t. Setelah dilakukan uji t, maka dihasilkan untuk t hitungnya sebesar 7,517
lebih besar dari t tabel 1,980. Maka kriteria t hitung > t tabel(7,517> 1,980), maka
menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti terdapat pengaruh
kepuasan nasabah atas produk tabungan BSM dengan akad mudharabah
Mutlaqah terhadap loyalitas nasabah di Bank Syariah Mandiri Cabang Subang