Universitas Islam Bandung Repository

Pengaruh Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Produk Tabungan Bsm Dengan Akad Mudharabah Mutlaqahpada Bank Syariah Mandiri Cabang Subang

Show simple item record

dc.contributor.author Kudsiyah, Nisa
dc.date.accessioned 2017-02-22T03:03:52Z
dc.date.available 2017-02-22T03:03:52Z
dc.date.issued 2014
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/8290
dc.description.abstract Loyalitas konsumen merupakan manifestasi dan kelanjutan dari kepuasan konsumen dalam menggunakan fasilitas maupun jasa pelayanan yang diberikan oleh pihak perusahaan, serta untuk tetap menjadi konsumen dari perusahaan tersebut. Salah satu faktor yang menyebabkan konsumen menjadi loyal adalah kepuasan pelanggan. Menurunnya jumlah nasabah yang bertransaksi dapat dilihat dari nasabah yang hanya sekedar membuka rekening tanpa melakukan transaksi secara rutin atau berulang-ulang. Kondisi tersebut menunjukkan kurangnya loyalitas nasabah terhadap Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Subang. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kepuasan nasabah produk tabungan BSM dengan akad mudharabah mutlaqah di BSM cabang Subang, loyalitas produk tabungan BSM dengan akad mudharabah mutlaqah di BSM cabang Subang, dan pengaruh kepuasan nasabah terhadap loyalitas produk tabungan BSM dengan akad mudharabah mutlaqah di BSM cabang Subang. Metode penelitian yang digunakan adalah verifikatif analisis. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan metode kuantitatif dan untuk mencari pengaruh variabel independen dan dependen menggunakan metode analisis koefisien korelasi, koefisien determinasi dan hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan nasabah atas produk tabungan BSM dengan akad mudharabah Mutlaqah di BSM cabang Subang termasuk dalam kategori puas dan loyalitas nasabahnya termasuk kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian di atas terdapat pengaruh positif yang signifikan antara kepuasan nasabah dengan loyalitas nasabah sebesar 38,8%. Artinya, kepuasan nasabah atas produk tabungan BSM dengan akad mudharabah Mutlaqah di Bank Syariah Mandiri Cabang Subang berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas nasabah sebesar 38,8%. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji-t. Setelah dilakukan uji t, maka dihasilkan untuk t hitungnya sebesar 7,517 lebih besar dari t tabel 1,980. Maka kriteria t hitung > t tabel(7,517> 1,980), maka menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti terdapat pengaruh kepuasan nasabah atas produk tabungan BSM dengan akad mudharabah Mutlaqah terhadap loyalitas nasabah di Bank Syariah Mandiri Cabang Subang en_US
dc.publisher Fakultas Syariah Universitas Islam Bandung (UNISBA) en_US
dc.subject Kualitas Pelayanan, Kepuasan Nasabah, Loyalitas Nasabah en_US
dc.title Pengaruh Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Produk Tabungan Bsm Dengan Akad Mudharabah Mutlaqahpada Bank Syariah Mandiri Cabang Subang en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account