Universitas Islam Bandung Repository

Implikasi Konsep Suluk Imam Al-Ghazali terhadap Model Pendidikan Spiritual

Show simple item record

dc.contributor
dc.contributor
dc.creator Setiawati, Fitri
dc.creator Al-Ghazal, Sobar
dc.creator Tsaury, Adang M.
dc.date 2017-01-26
dc.identifier http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/6120
dc.description Abu Hamid Muhammad bin Muhammad Al Ghazali Ath-Thusi Asy-Syafi'i (Imam Al-Ghazali ) sebagai seorang cendekiawan muslim yang perjalanan intelektualnya berujung pada tasawuf; konsep Suluk beliau perlu dikaji sehubungan dengan model pendidikan spiritual guna menangani perilaku remaja agar berperilaku yang baik,benar dan indah. Sehingga perilaku remaja meningkat ke arah terbaik, berderajat dan bermartabat. Pernyataan fenomenal tersebut mendukung adanya penelitian dengan masalah “bagaimana implikasi konsep suluk Imam Al-ghazali terhadap model pendidikan Spiritual? Peneliti menggunakan metode studi kepustakaan dengan menggunakan teknik penelitian book survey. Adapun analisis dalam penelitian ini menggunakan (content analysis)  atau analisis isi. Konklusi dari penelitian ini adalah konsep suluk Imam Al-ghazali mempunyai implikasi pendidikan terhadap model pendidikan spiritual Yaitu : (1) pendidikan spiritual adalah upaya keras untuk meningkatkan kesadaran dalam pengetahuannya mengetahui Allah Swt melalui perbaikan akhlaq dan penyucian amal ; (2) tujuan pendidikan Spiritual adalah kesempurnaan insani manusia yang bermuara pada kedekatan diri dengan Allah Swt; (3) program pendidikan Spiritual adalah pembersihan hati melalui proses transendensi; (4) proses pendidikan spiritual dilakukan dengan cara mentranformasi sistem nilai Qurani ke dalam potensi kejiwaan seseorang melalui perjuangan dan pelatihan jiwa (mujahadah) agar jiwanya tunduk kepada nilai-nilai tersebut ; (5) evaluasi pendidikan Spiritual dilakukan dengan  melihat perilakunya.  Abu Hamid Muhammad ibn Muhammad al Ghazali Ath-Tusi Asy-Syafi (Imam al-Ghazali) as a Muslim scholar. his intellectual journey led As Sufism; The concept of  his Suluk should be examined with spiritual education model that can handle the adolescent behavior to behave good, true and beautiful character. So that juvenile behavior escalated to the best direction, degree and dignified. That phenomenal statement supported this research by the problem : How the implications of the concept imam Al-ghazali’s Suluk against Spiritual education model? Researchers used methods of literary study by using survey research techniques book. And so The analysis in this research uses the content analysis. The conclusion of this research is the concept of imam Al-ghazali’s suluk has educational implications of the spiritual education model are: (1) piritual education is the effort to raise awareness in the knowledge of knowing Allah through improved purification of morality and charity (2) The purpose of education is the perfection of spiritual  human that leads to be closeness with Allah; Spiritual education program is cleansing the heath through a process of transcendence; spiritual education process is done by transforming the Quranic value system into a person's psychological potential pass through the  struggle and training the soul (mujahadah) so that each time responds to the stimulus in the life, the soul is submision to these values; Spiritual education evaluation is done by looking at its behavior. 
dc.description Abu Hamid Muhammad bin Muhammad Al Ghazali Ath-Thusi Asy-Syafi'i (Imam Al-Ghazali ) sebagai seorang cendekiawan muslim yang perjalanan intelektualnya berujung pada tasawuf; konsep Suluk beliau perlu dikaji sehubungan dengan model pendidikan spiritual guna menangani perilaku remaja agar berperilaku yang baik,benar dan indah. Sehingga perilaku remaja meningkat ke arah terbaik, berderajat dan bermartabat. Pernyataan fenomenal tersebut mendukung adanya penelitian dengan masalah “bagaimana implikasi konsep suluk Imam Al-ghazali terhadap model pendidikan Spiritual? Peneliti menggunakan metode studi kepustakaan dengan menggunakan teknik penelitian book survey. Adapun analisis dalam penelitian ini menggunakan (content analysis)  atau analisis isi. Konklusi dari penelitian ini adalah konsep suluk Imam Al-ghazali mempunyai implikasi pendidikan terhadap model pendidikan spiritual Yaitu : (1) pendidikan spiritual adalah upaya keras untuk meningkatkan kesadaran dalam pengetahuannya mengetahui Allah Swt melalui perbaikan akhlaq dan penyucian amal ; (2) tujuan pendidikan Spiritual adalah kesempurnaan insani manusia yang bermuara pada kedekatan diri dengan Allah Swt; (3) program pendidikan Spiritual adalah pembersihan hati melalui proses transendensi; (4) proses pendidikan spiritual dilakukan dengan cara mentranformasi sistem nilai Qurani ke dalam potensi kejiwaan seseorang melalui perjuangan dan pelatihan jiwa (mujahadah) agar jiwanya tunduk kepada nilai-nilai tersebut ; (5) evaluasi pendidikan Spiritual dilakukan dengan  melihat perilakunya. 
dc.format application/pdf
dc.language ind
dc.publisher Universitas islam Bandung
dc.relation http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/6120/pdf
dc.rights Copyright (c) 2017 Prosiding Pendidikan Agama Islam
dc.source Prosiding Pendidikan Agama Islam; Vol 3, No 1, Pendidikan Agama Islam (Februari, 2017); 41-48
dc.source Prosiding Pendidikan Agama Islam; Vol 3, No 1, Pendidikan Agama Islam (Februari, 2017); 41-48
dc.source 2460-6413
dc.subject Islamic Education
dc.subject Suluk, , Education, spiritual, model
dc.subject Pendidikan Agama Islam
dc.subject suluk, pendidikan, spiritual, model
dc.title Implikasi Konsep Suluk Imam Al-Ghazali terhadap Model Pendidikan Spiritual
dc.title Implikasi Konsep Suluk Imam Al-Ghazali terhadap Model Pendidikan Spiritual
dc.type info:eu-repo/semantics/article
dc.type info:eu-repo/semantics/publishedVersion
dc.type Peer-reviewed Article
dc.type Qualitative
dc.type Kualitatif


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account