Universitas Islam Bandung Repository

Identifikasi Model Bisnis Kanvas Pada Sentra Industri Alas Kaki Di Kawasan Cibaduyut

Show simple item record

dc.contributor.advisor Fakultas Ilmu Ekonomi dan Bisnis Universitas ISlam Bandung
dc.contributor.author Buana, Berry Cahya
dc.date.accessioned 2017-10-19T07:31:53Z
dc.date.available 2017-10-19T07:31:53Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/12009
dc.description.abstract Industri alas kaki merupakan salah satu industri andalan yang dikembangkan menurut Renstra Kementerian Perindustrian pada tahun 2015- 2019. Sentra industri alas kaki di kawasan Cibaduyut merupakan sentra alas kaki terbesar di Indonesia. Kawasan Cibaduyut menjadi tempat produksi massal produk alas kaki. Struktur yang ada dalam sentra industri alas kaki terbentuk dari aktor-aktor yang terlibat dalam sentra industri alas kaki Cibaduyut yang saling berinteraksi dalam mendukung aktivitas ekonomi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi model bisnis kanvas pada sentra industri alas kaki di kawasan Cibaduyut dan merumuskan strategi pengembangan sentra industri alas kaki di kawasan Cibaduyut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dengan pihak pengrajin alas kaki dan lembaga pemerintah yang terkait, observasi dan penyebaran kuesioner pada pengrajin alas kaki. Teknik penentuan sampel dilakukan dengan pendekatan random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 85 pengrajin alas kaki. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dengan pendekatan kuantitatif, yaitu penelitian yang kemudian diolah dan dianalisis untuk diambil kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan gambaran mengenai model bisnis kanvas di kawasan Cibaduyut dengan 9 elemen yang di identifikasi yaitu segmen pelanggan, proposisi nilai, saluran, hubungan pelanggan, arus pendapatan, sumber daya utama, aktifitas utama, kemitraan utama dan stuktur biaya. Elemen yang paling kuat ialah proposisi nilai karena pada elemen ini memiliki berbagai keunggulan seperti sifat baru, performa kinerja, kustomisasi, desain, dan kenyaman/kegunaan dari produk alas kaki. Elemen terlemah adalah kemitraan utama karena kurangnya peran kelembagaan dalam mendukung perkembangan sentra industri alas kaki di kawasan Cibaduyut. Hasil analisis SWOT untuk pengembangan industri alas kaki, strategi yang paling tepat di susun saat ini adalah bekerjasama dengan lembaga pemerintah untuk memperluas pangsa pasar, meningkatkan penggunaan teknologi dalam kegiatan produksi maupun pemasaran, melakukan koordinasi dengan para stakeholder di sentra Cibaduyut dalam inovasi produk alas kaki, dan dengan menjalin kerjasama antar lembaga dan pengrajin guna meningkatkan produksi alas kaki. en_US
dc.publisher Fakultas ILmu Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Bandung en_US
dc.subject Industri Alas Kaki, Model bisnis kanvas, Analisis SWOT. en_US
dc.title Identifikasi Model Bisnis Kanvas Pada Sentra Industri Alas Kaki Di Kawasan Cibaduyut en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account