Universitas Islam Bandung Repository

Pengaruh Profitabilitas (Roa, Roe, Npm) Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Semen Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2012-2014)

Show simple item record

dc.contributor.author Arief, Muhammad Iqbal
dc.date.accessioned 2017-11-04T02:47:17Z
dc.date.available 2017-11-04T02:47:17Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/12149
dc.description.abstract Corporate Social Responsibility (CSR) muncul karena adanya kepedulian perusahaan terhadap lingkungan dan sosialnya, sebagai akibat dari explorasi yang dilakukan perusahaan untuk meningkatkan produksinya karena pada saat sekarang ini kebutuhan semen sangat tinggi, sedangkan Sumber Daya Alam (SDA) untuk bahan baku pembuatan semen sangat terbatas, sehingga banyak terjadi kerusakan lingkungan yang disebabkan dari aktivitas perusahaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profitabilitas dan pengungkapan CSR pada perusahaan manufaktur sub sektor semen tahun 2012-2014 yang listing di BEI dan untuk mengetahui pengaruh ROA, ROE, dan NPM terhadap Pengungkapan CSR. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dan metode verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan teknik dokumentasi. Teknik dokumentasi yaitu pengumpulan data dengan cara mencatat data yang berhubungan dengan masalah yang akan diteliti dari dokumen-dokumen yang dimiliki perusahaan dengan membuka dan mendownload website dari objek yang diteliti, adapun situs yang digunakan adalah yang terdapat di Bursa Efek Indonesia (BEI) yaitu www.idx.co.id. Hasil penelitian menemukan bukti bahwa profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). Pengungkapan CSR rata-rata pada industri semen selama tahun 2012-2014 adalah sebesar 42 dari 79 item yang telah disajikan oleh perusahaan dalam Annual report. Profitabilitas dengan proksi ROA dan ROE secara parsial berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan CSR, sedangkan profitabilitas dengan proksi NPM secara parsial berpengaruh negatif terhadap pengungkapan CSR en_US
dc.publisher Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Bandung en_US
dc.subject Profitabilitas, ROA, ROE, NPM, Pengungkapan CSR en_US
dc.title Pengaruh Profitabilitas (Roa, Roe, Npm) Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Semen Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2012-2014) en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account