Universitas Islam Bandung Repository

Hubungan Customer Relationship Management Dengan Loyalitas Pelanggan Di Eiger Setiabudi Bandung

Show simple item record

dc.contributor.author Ilyasa, Nizar
dc.date.accessioned 2017-11-08T02:48:07Z
dc.date.available 2017-11-08T02:48:07Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/12472
dc.description.abstract Customer relationship management merupakan salah satu strategi yang bisa digunakan perusahaan dalam persaingan yang sangat kompetitif di dunia peralatan petualangan untuk kegiatan alam bebas. Customer relationship management memiliki keunggulan untuk menjalin hubungan jangka panjang antara perusahaan dengan pelanggannya. Sehingga hal ini merupakan keuntungan bagi perusahaan karena kedekatan dengan pelanggan seperti ini menimbulkan kedekatan emosional dimana apabila terjalin hubungan emosional dapat dijadikan sebagai pondasi bagi perusahaan dalam menciptakan loyalitas pelanggan dalam jangka panjang. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pelaksanaan customer relationship management yang dilaksanakan Eiger Setiabudi Bandung dan tanggapan pelanggan mengenai customer relationship management, dan untuk mengetahui tingkat loyalitas pelanggan di Eiger Setiabudi Bandung, serta untuk mengetahui seberapa besar hubungan pelaksanaan customer relationship management dengan loyalitas pelanggan di Eiger Setiabudi Bandung. Penelitian yang dilaksanakan ini bersifat verifikatif dimana peneliti menghubungkan antara variabel independen dengan variabel dependen. Penelitian dilakukan dengan cara mengumpulkan data, menganalisis data dan menyajikan data sehingga dapat memberikan gambaran yang jelas atas objek yang diteliti dan kemudian ditarik kesimpulan. Dengan menggunakan rumus korelasi Rank Spearman, dari pengujian diperoleh rs = (+) 0,485. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara customer relationship management dengan loyalitas pelanggan di Eiger Seiabudi Bandung yang menunjukkan tingkat korelasi yang sedang, artinya customer relationship management menentukan tingkat loyalitas. Sedangkan dengan menggunakan pengujian uji t tabel diperoleh t tabel pada derajat keberhasilan (dk = n-2) = 98 dan taraf signifikansi (α) sebesar 5% adalah sebesar 1,966 sedangkan t hitung diperoleh sebesar 5,490, dengan ketentuan Ho ditolak jika t hitung lebih besar dari t tabel dan Ho diterima jika t hitung lebih kecil dari t tabel. Berdasarkan hasil di atas diperoleh bahwa t hitung (5,490) lebih besar dari t tabel (1,966) yang artinya Ho ditolak. Sehingga berdasarkan pada hasil pengujian diatas dapat disimpulkan bahwa dengan taraf signifikansi 5% dan taraf kepercayaan 95%, terdapat hubungan antara customer relationship management dengan loyalitas secara nyata dengan tingkat hubungan yang sedang. en_US
dc.publisher Fakultas Ilmu Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Bandung en_US
dc.subject Customer Relationship Management dan Loyalitas Pelanggan en_US
dc.title Hubungan Customer Relationship Management Dengan Loyalitas Pelanggan Di Eiger Setiabudi Bandung en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account