Abstract:
Entin Wartini (10030216032), judul: “Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf
Melalui Permainan Bola Huruf Anak Kelompok B Di Kelompok Bermain Sinar
Kenanga”.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
permainan bola huruf apakah dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf
pada anak-anak kelompok B di Kober Sinar Kenanga.
Penelitian ini merupakan penelitian yang dilaksanakan di kelompok bermain Sinar
Kenanga, di Jalan. Sekepeer Rt.02 Rw.04 Kelurahan Sindangjaya Kecamatan
Mandalajati Kota Bandung pada bulan Nopember dan Desember 2019. Penelitian
dilakukan dengan mengenalkan huruf dengan permainan bola huruf. Subyek dalam
penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun atau kelompok B di Kober Sinar Kenanga
yang berjumlah 10 orang anak yang terdiri dari 6 orang anak laki-laki dan 4 orang
anak perempuan.
Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Adapun jenis quasi
eksperimen yang digunakan adalah menggunakan rancangan “ Posttest-only
Control Design” yaitu terdapat dua kelompok yang dipilih kelompok eksperimen
dan kelompok control. Populasi penelitian adalah anak Kober Sinar Kenanga
sebanyak 10 orang. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas smartclass yang terdiri
dari 5 orang anak. Tehnik analisis datanyanya menggunakan uji t, karena dua
sampel yang diuji relative kecil maka uji normalitas dan homogenitas tidak
dilakukan sehingga analisis data langsung menggunakan uji t.
Hasil penelitian membuktikan bahwa dk=n1 +n2-2 = 5+5-2 = 8 dan taraf signifikan
a = 0,05 angka batas penolakan hipotesis dalam table t adalah 1,701, sedangkan
nilai t yang diperoleh adalah sebesar 1,86, ternyata t hitung < ttabel. Hal ini
membuktikan ada pengaruh yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas
control.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, diperoleh
kesimpulan bahwa penggunaan metode pembelajaran bola huruf berpengaruh
terhadap peningkatan keterampilan mengenal huruf anak usia dini usia 5-6 tahun di
Kober Sinar Kenanga Bandung.