Universitas Islam Bandung Repository

Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Permainan Bola Huruf Anak Kelompok B Di Kelompok Bermain Sinar Kenanga

Show simple item record

dc.contributor.author Wartini, Entin
dc.date.accessioned 2023-02-10T03:59:34Z
dc.date.available 2023-02-10T03:59:34Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/30789
dc.description.abstract Entin Wartini (10030216032), judul: “Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Permainan Bola Huruf Anak Kelompok B Di Kelompok Bermain Sinar Kenanga”. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan bola huruf apakah dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak-anak kelompok B di Kober Sinar Kenanga. Penelitian ini merupakan penelitian yang dilaksanakan di kelompok bermain Sinar Kenanga, di Jalan. Sekepeer Rt.02 Rw.04 Kelurahan Sindangjaya Kecamatan Mandalajati Kota Bandung pada bulan Nopember dan Desember 2019. Penelitian dilakukan dengan mengenalkan huruf dengan permainan bola huruf. Subyek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun atau kelompok B di Kober Sinar Kenanga yang berjumlah 10 orang anak yang terdiri dari 6 orang anak laki-laki dan 4 orang anak perempuan. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Adapun jenis quasi eksperimen yang digunakan adalah menggunakan rancangan “ Posttest-only Control Design” yaitu terdapat dua kelompok yang dipilih kelompok eksperimen dan kelompok control. Populasi penelitian adalah anak Kober Sinar Kenanga sebanyak 10 orang. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas smartclass yang terdiri dari 5 orang anak. Tehnik analisis datanyanya menggunakan uji t, karena dua sampel yang diuji relative kecil maka uji normalitas dan homogenitas tidak dilakukan sehingga analisis data langsung menggunakan uji t. Hasil penelitian membuktikan bahwa dk=n1 +n2-2 = 5+5-2 = 8 dan taraf signifikan a = 0,05 angka batas penolakan hipotesis dalam table t adalah 1,701, sedangkan nilai t yang diperoleh adalah sebesar 1,86, ternyata t hitung < ttabel. Hal ini membuktikan ada pengaruh yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas control. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan metode pembelajaran bola huruf berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan mengenal huruf anak usia dini usia 5-6 tahun di Kober Sinar Kenanga Bandung. en_US
dc.publisher Program Studi Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan, Universitas Islam Bandung en_US
dc.subject Bola Huruf, Kemampuan Mengenal Huruf, Anak Usia Dini en_US
dc.title Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Permainan Bola Huruf Anak Kelompok B Di Kelompok Bermain Sinar Kenanga en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account