Abstract:
Mewabahnya pandemi covid 19 secara masif yang menimpa hampir seluruh negara di dunia
berdampak pada semua sendi kehidupan termasuk pendidikan. Aktivitas belajar mengajar
pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) akhirnya menuntut anak untuk belajar dari rumah
(BDR). Kondisi ini menimbulkan hambatan dalam pengembangan kecerdasan interpersonal
anak karena tidak adanya interaksi langsung dengan teman-teman sebayanya. Tujuan
penelitian ini adalah berupaya mengungkap strategi guru PAUD dalam mengembangkan
kecerdasan interpersonal anak usia dini saat belajar dari rumah. Pendekatan yang digunakan
dalam penelitian adalah kuantiaitif dengan metode survey. Data penelitian diperoleh secara
online menggunakan media google form. Jumlah responden sebanyak 251 guru PAUD yang
tersebar di wilayah Jawa Barat. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket
dengan skala yang digunakan adalah skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
strategi guru yang di butuhkan untuk mengembangkan kecerdasan interpersonal anak usia
dini yaitu strategi yang sesuai perkembangan anak, pembelajaran mudah dilakukan oleh
orang tua di rumah, bermakna dan menyenangkan.