Abstract:
Al-Quran pedoman hidup setiap muslim. Pengajaran al-Quran sejak dini dapat mendorong
anak untuk terbiasa hidup berdasarkan kandungan ayat-ayat al-Quran. Saat pandemi kegiatan
pengajaran mendapatkan pembatasan yaitu pelaksanaan pembelajaran secara daring. Hal
tersebut menuntut para guru untuk mampu mendesain pembelajaran al-Quran yang menarik
baik dari segi materi ataupun metodenya serta evaluasinya.Tujuan dari PKM ini adalah untuk
membantu para guru madrasah diniyah dalam menentukan metode pembelajaran al-Quran
yang sesuai perkembangan anak dan menarik melalui blended learning. Metode yang
digunakan dalam PKM ini adalah pendekatan Asset Based Community Development, yaitu
sebuah pendekatan yang memberdayakan aset yang telah ada di lapangan. Hasil dari PKM
menunjukkan bahwa pengetahuan guru madrasah diniyah terkait pengajaran al-Quran melalui
blended learning meningkat hal ini dapat di lihat dari adanya peningkatan pada hasil postest
yang dilaksanakan. Pandemi menuntut guru dan orang tua berdampingan untuk
melaksanakan pembelajaran yang kreatif dan inovatif, sehingga walaupun anak belajar di
rumah kualiatas dan kuantitas pengajaran al-Quran tetap optimal.