Universitas Islam Bandung Repository

Upaya Meningkatkan Kualitas Pengajaran Al-Quran di Madrasah Diniyah Berbasis Blended Learning Saat Masa Pandemi Covid -19

Show simple item record

dc.contributor.author Inten, Dinar Nur
dc.contributor.author Helmi, Aziz
dc.contributor.author Khambali, Khambali
dc.contributor.author Mulyani, Dewi
dc.date.accessioned 2023-04-07T08:56:18Z
dc.date.available 2023-04-07T08:56:18Z
dc.date.issued 2021-01-14
dc.identifier.citation Jurnal Pendidikan Tambusai, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai en_US
dc.identifier.issn 2614-6754
dc.identifier.issn e-issn: 2614-3097
dc.identifier.uri https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1024
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/30879
dc.description.abstract Al-Quran pedoman hidup setiap muslim. Pengajaran al-Quran sejak dini dapat mendorong anak untuk terbiasa hidup berdasarkan kandungan ayat-ayat al-Quran. Saat pandemi kegiatan pengajaran mendapatkan pembatasan yaitu pelaksanaan pembelajaran secara daring. Hal tersebut menuntut para guru untuk mampu mendesain pembelajaran al-Quran yang menarik baik dari segi materi ataupun metodenya serta evaluasinya.Tujuan dari PKM ini adalah untuk membantu para guru madrasah diniyah dalam menentukan metode pembelajaran al-Quran yang sesuai perkembangan anak dan menarik melalui blended learning. Metode yang digunakan dalam PKM ini adalah pendekatan Asset Based Community Development, yaitu sebuah pendekatan yang memberdayakan aset yang telah ada di lapangan. Hasil dari PKM menunjukkan bahwa pengetahuan guru madrasah diniyah terkait pengajaran al-Quran melalui blended learning meningkat hal ini dapat di lihat dari adanya peningkatan pada hasil postest yang dilaksanakan. Pandemi menuntut guru dan orang tua berdampingan untuk melaksanakan pembelajaran yang kreatif dan inovatif, sehingga walaupun anak belajar di rumah kualiatas dan kuantitas pengajaran al-Quran tetap optimal. en_US
dc.relation.ispartofseries Volume 5 Nomor 1 Tahun 2021;Halaman 1-9
dc.subject Al-Quran, Madrasah Diniyah, Blended learning en_US
dc.title Upaya Meningkatkan Kualitas Pengajaran Al-Quran di Madrasah Diniyah Berbasis Blended Learning Saat Masa Pandemi Covid -19 en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Unisba Repository


Browse

My Account